Jenis Tanaman Langka di Indonesia | Book 2

Jenis Tanaman  Langka  di Indonesia merupakan tanaman yang tumbuh di berbagi wilayahn di indonesia yang mengkin saja saat ini sulit dan dan bahkan hampir tidak bisa di temukan lagi. Jenis Tanaman  Langka  di Indonesiatersebut juga menjadi Icon tersendiri di wilayah dimana tumbuhan tersebut tumbuh. Hal ini dibuktikan dengan adanya tumbuhan tersebut banyaknya pengunjung atau Turis lokal yang sengaja ingin melihat langsung Tumbuhan Langka tersebut dan tentu pastinya hanya tumbuh di wilayah tersebut sehingga menjadi daya tarik tersediri.

Beberapa Jenis Tanaman  Langka  di Indonesia yang menjadi bahan Artikel untuk Jenis Tanaman  Langka  di Indonesia  | Book 2 Saat ini , yakni :
  • Kokoleceran , adalah maskot provinsi Banten yang merupakan salah satu tanaman endemik Banten yang dipercaya hanya terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon. Tetapi kokoleceran  merupakan Jenis Tanaman  Langka bernama ilmiah Vatica bantamensis, yang menjadi flora identitas provinsi Banten namun keberadaannya sangat misterius. 
 
  •  Anggrek hitam (Coelogyne pandurata), sebagaimana namanya, mempunyai ciri khas pada bunganya yang memiliki lidah (labellum) berwarna hitam. Jenis Tanaman  Langka ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai “Black Orchid”. Sedangkan di Kalimantan Timur, Anggrek Hitam yang langka ini mempunyai nama lokal “Kersik Luai”.
 
  • Anggrek Hartinah atau Anggrek Tien Soeharto (Cymbidium hartinahianum) merupakan salah satu jenis tumbuhan anggrek yang endemik (hanya tumbuh di daerah tertentu) Sumater Utara, Indonesia. Jenis Tanaman  Langka ini ditemukan pertama kali pada tahun 1976 ini bisa diketemukan di Desa Baniara Tele Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Anggrek Tien Soeharto atau sering disebut juga sebagai Anggrek Hartinah (Cymbidium hartinahianum) merupakan anggrek tanah yang hidup merumpun.
 
  • Korma Rawa (Phoenix paludosa) tumbuh berumpun dengan tinggi batang mencapai 5 meter. Daunnya berbentuk sirip yang mempunyai panjang sekitar dua meter. Jenis Tanaman  Langka memiliki pangkal daun yang di tumbuh duri. Duri-duri ini sebenarnya merupakan anak-anak daun yang berubah bentuknya. Tiap daun mempunyai sekitar 25 anak daun yang tersusun dalam 4-5 kelompok.
  • Johanneste ijsmaria altifrons; Daun payung Daun sang merupakan salah satu dari 4 spesies Jenis Tanaman  Langka anggota genus Johannestijsmania yang hanya tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Daun Sang merupakan anggota famili Arecaceae (Pinang-pinangan atau Palem). Tanaman Daun Sang yang mempunyai nama ilmiah Johannestijsmania altifrons, disebut juga sebagai Daun Payung Sal, Sal (Malaysia), Bang Soon (Thailand), Joey Palm, Diamond Joey Palm, Umbrella Leaf Palm (Inggris). 
 
  • Ugeissona utilis; Bertan  yang mempunyai nama latin Eugeissona utilis, dan oleh masyarakat setempat disebut sebagai Kadjatoa dalam bahasa Inggris Jenis Tanaman  Langka ini dikenal sebagai “wild bornean sago palm” yang berarti Sagu Liar Borneo.

Jenis Tanaman  Langka di Indonesia ini merupakan 25 Tumbuhan ter-langka di Indonesia yang tumbuh di berbgai wilayah di Indonesia' untuk lebih lanjut silahkan baca juga Jenis Tanaman  Langkadi Indonesia Artikel Sebelumnya di sini  Jenis Tanaman  Langka di Indonesia | Book 1
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas Kunjungan dan Komentarnya.